https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW | Rahayuningsih | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Rahayuningsih Rahayuningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Peningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas XI APH-2 SMKN 2 Purworejo tahun ajaran 2017/2018 dan (2) Peningkatkan Hasil  Belajar siswa kelas XI APH-2 SMKN 2 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 31 Siswa kelas XI APH-2 SMK Negeri 2 Purworejo. Teknik pengumpulan data dengan Observasi Partisipai dan Angket untuk Motivasi Belajar Siswa, sedangkan Hasil Belajar Siswa dengan Tes Hasil Belajar. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif,yaitu meliputi persentase skor motivasi belajar siswa dan rata-rata nilai tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw dapat  meningkatkan Motivasi  Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa kelas XI APH-2 SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Motivasi Belajar Siswa dan nilai rata- rata hasil belajar siswa. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus–SiklusI sebesar 6,75% dan dari SiklusI ke Siklus II sebesar 9,68%. Peningkatan Motivasi BelajarSiswa dar iSiklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 4,85%.Pada Siklus I Hasil Belajar Siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75% yaitu sebesar 16,67%. Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan75% yaitu sebesar 93,33%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar,Pembelajaran Kooperatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.